Class
merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit, Disket dan lain-lain.
Catatan kaki : untuk pembuatan class harus mempunyai main utama dalam program tersebut.
Object
adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Adapun cara untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
Contoh : Dari class Disket kita dapat membuat object Panjang, Lebar, Warna dan Bentuk disket.
objek dibuat dengan cara menuliskan :
- NamaKelas NamaObjek = new NamaConstractor();
- NamaKelas
Namaobjek;
NamaObjek = new NamaConstractor();
·
CONSTRUCTOR
Constructor merupakan
method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap class boleh
memiliki lebih dari satu constructor.
Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa
constructor harus memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak
memiliki nilai kembalian.
Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.
METHOD
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode.
MODIFIER
Modifier
adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam java.
Modifier akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri
dari private, default, protected dan public.
Wilayah
Akses
|
Public
|
Protected
|
default
|
Private
|
Kelas yang sama
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Antar kelas dalam
package yangsama
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Tidak
|
Subkelas di package
yang berbeda
|
Ya
|
Ya
|
Tidak
|
Tidak
|
Bukan Subkelas,
package yang berbeda
|
Ya
|
Tidak
|
Tidak
|
Tidak
|
beberapa modifier
penting lainnya :
- Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objeck atau kelas lain mesti tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berbeda, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta
berikut adalah contoh program untuk Class, Object, Constructor, Method dan Modifier.
membuat program Disket.java
public class disket {
// pendeklarasian atribut
int panjang= 10;
final int lebar = 10;
String warna = "kuning";
String bentuk = "segiempat";
String
data = " ";
//method yang digunakan
void simpanData(String data1) {
this.data
+= data1;
}
void hapusData () {
data
=" ";
}
String bacaData () {
return data;
}
}
output program |
karena tidak terdapat main utama pada program diatas maka hasil output seperti gambar tersebut.
// maindisket sebagai class
class maindisket
{
public static void main (String
[] args) {
disket disk1 =
new disket (); [Constuctor]
System.out.println("Panjang
disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("Lebar
disket = "+ disk1.lebar);
System.out.println("Warna
disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("Bentuk
disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("data
mula-mula = "+ disk1.bacaData ());
disk1.simpanData("Belajar
java");
System.out.println("Setelah
Simpan Data = "+ disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println("Setelah
Hapus Data = "+ disk1.bacaData());
}
}sekian dan terimakasih,,,,,
semoga dapat membantu.....
No comments:
Post a Comment
Terimakasih