Pertemuan Ke 3 (Class, Object, Constructor, Method dan Modifier)

Pengertian dari Class, Object, Constructor, Method dan Modifier Pada Java

Class
merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari  object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit, Disket dan lain-lain.

Catatan kaki : untuk pembuatan class harus mempunyai main utama dalam program tersebut.




Object
 adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Adapun cara
untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
Contoh : Dari class Disket kita dapat membuat object Panjang, Lebar, Warna dan Bentuk disket.

objek dibuat dengan cara menuliskan :
  1. NamaKelas NamaObjek = new NamaConstractor();
  2. NamaKelas Namaobjek;
    NamaObjek = new NamaConstractor();
           proses di atas disebut instansiasi. ketika objek selesai dibuat, objek tersebut disimpan didalam memori dan dapat diakses oleh objek-objek lain melalui nama objeknya.




·          
      CONSTRUCTOR
Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor harus  memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki nilai  kembalian.

Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi  (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya  boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.
 
METHOD
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Metode  memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode.




MODIFIER
Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam java. Modifier akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected dan public.
Wilayah Akses
Public
Protected
default
Private
Kelas  yang  sama
Ya
Ya
Ya
Ya
Antar kelas dalam package yangsama
Ya
Ya
Ya
Tidak
Subkelas di package yang berbeda
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Bukan Subkelas, package yang berbeda
Ya
Tidak
Tidak
Tidak
beberapa modifier penting lainnya :
  1. Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objeck atau kelas lain mesti tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berbeda, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
    2. Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun    
         method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta

berikut adalah contoh program untuk Class, Object, Constructor, Method dan Modifier.

membuat program Disket.java

public class disket {            
// pendeklarasian atribut
int panjang= 10;
final int lebar = 10;
String warna = "kuning";             
String bentuk = "segiempat";
String data = " ";

//method yang digunakan
void simpanData(String data1) {         
                this.data += data1;
}
void hapusData () {
                data =" ";
}
String bacaData () {
                return data;
}
}
output program
 karena tidak terdapat main utama pada program diatas maka hasil output seperti gambar tersebut.

membuat program MainDisket.java

// maindisket sebagai class
class maindisket {
                public static void main (String [] args) {
                                disket disk1 = new disket ();    [Constuctor]
                                System.out.println("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
                                System.out.println("Lebar disket = "+ disk1.lebar);
                                System.out.println("Warna disket = "+ disk1.warna);
                                System.out.println("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk);

                                System.out.println("data mula-mula = "+ disk1.bacaData ());
                                disk1.simpanData("Belajar java");
                                System.out.println("Setelah Simpan Data = "+ disk1.bacaData());
                                disk1.hapusData();
                                System.out.println("Setelah Hapus Data = "+ disk1.bacaData());
                }
}

sekian dan terimakasih,,,,,
semoga dapat membantu.....

No comments:

Post a Comment

Terimakasih